Saturday, 1 April 2017

Cara Mengatasi Insomnia / Susah Tidur Dengan Mudah


Pada postingan kali ini, kami akan membagikan tips cara mengatasi insomnia / susah tidur. Karena insomnia sangat mengganggu aktifitas istirahat Anda yang dapat menyebabkan kekurangan darah karena sirkulasi darah menjadi tidak teratur.

1. Hindari Cahaya Saat Tidur
Apabila Anda ingin tidur nyenyak dan nyaman, disarankan untuk menghindari sumber cahaya, seperti lampu, cahaya TV, komputer, dan lainnya. Karena cahaya tersebut dapat menghambat proses produksi hormon melatonin. Untuk itu, sebelum tidur pastikan dulu mematikan alat elektronik yang memiliki cahaya supaya tidak mengganggu aktifitas istirahat Anda. Sehingga tidur pun akan lebih berkualitas.

2. Hindari Kafein
Hindari makanan dan minuman yang mengandung kafein seperti kopi, coklat, teh dan lainnya. Karena dapat mengganggu aktifitas istirahat Anda. Jadi sebelum tidur, alangkah baiknya tidak mengkonsumsi makanan dan minuman tersebut agar tidur pun bisa lebih cepat dan nyenyak.

3. Olahraga Teratur
Pada artikel lainnya sudah kami informasikan mengenai manfaat olahraga.
Biasakan untuk rutin berolahraga sebelum tidur, tetapi jangan terlalu dekat waktunya dengan waktu tidur Anda. Berilah jarak 3-4 jam sebelum tidur. Dengan berolahraga akan menghasilkan energi dan dampaknya Anda dapat tidur lebih pulas.

Baca Juga : Banyak Makan Tapi Susah Gemuk, Kok Bisa?

4. Jangan Merokok
Pada artikel lainnya telah kami informasikan mengenai bahaya merokok.
Memang kebiasaan buruk ini, mempunyai banyak dampak negatif untuk kesehatan Anda. Nikotin yang ada dalam rokok akan membuat Anda susah tidur dan jika sudah lama mengidap insomnia, malahan akan memperburuk situasi itu. Jadi, berhentilah merokok dari sekarang bila Anda ingin istirahat dengan nyaman dan kesehatan tubuh pun akan terjaga juga.

5. Hindari Minuman Beralkohol
Menurut sebagian orang dengan minum alkohol dapat membuat mereka mengantuk. Memang benar, tetapi mengkonsumsi alkohol tidak akan bisa membuat Anda tidur dengan nyenyak. Malahan alkohol akan memperburuk insomnia Anda. Untuk itu, janganlah minum alkohol karena bukan cara yang baik untuk mengobati insomnia dan kesehatan tubuh juga terancam.

6. Hindari Situasi Stres Di Malam Hari
Jika Anda sedang mempunyai masalah, lupakanlah sejenak segala urusan pekerjaan atau keluarga. Karena itu dapat membuat aktifitas istirahat Anda terganggu dan kesehatan juga terancam. Untuk itu, biasakanlah selalu melakukan kegiatan yang menyenangkan sebelum tidur agar pikiran dapat lebih tenang. Maka tidur pun dapat lebih berkualitas. Setelah bangun pasti Anda akan bugar dan dengan pikiran yang sudah tenang, pasti bisa menemukan solusi dalam memecahkan segala urusan.

7. Singkirkan Gadget Dari Tempat Tidur
Ini merupakan kebiasaan buruk yang susah dihindari pada zaman yang sudah modern ini. Padahal kebiasaan buruk ini dapat mengakibatkan Anda susah tidur. Karena pasti tidur Anda tidak akan fokus jika masih ada dipikiran untuk menggunakan gadget sebelum tidur. Bahaya lainnya dari gadget yaitu radiasi dari gadget dapat merusak otak dan fungsi organ seksual terganggu. Jadi, singkirkanlah sejenak gadget Anda sebelum tidur, karena masih ada waktu yang lain untuk menggunakannya. Sehingga aktifitas tidur Anda pun menjadi tidak terganggu dan akan lebih nyenyak.

Baca Juga : Gejala Depresi Tersembunyi Yang Jarang Disadari

8. Bersihkan Kamar
Dengan menjaga kebersihan kamar, akan membuat suasana kamar lebih nyaman. Untuk itu biasakanlah menyapu kamar dari debu dan kotoran yang ada. Selain itu, cobalah untuk rutin mengganti seprei tempat tidur Anda seminggu sekali dan jika ingin lebih nyaman, pasanglah pengharum ruangan dalam kamar Anda. Maka istirahat malam Anda akan lebih berkualitas dan kebersihan kamar pun terjaga.

Untuk menyisipkan kode pendek, gunakan <i rel="code"> ... KODE ... </i>
Untuk menyisipkan kode panjang, gunakan <i rel="pre"> ... KODE ... </i>
Untuk menyisipkan gambar, gunakan <i rel="image"> ... URL GAMBAR ... </i>
EmoticonEmoticon