Selasa, 25 April 2017

Pentingnya Mengkonsumsi Buah Mentimun Bagi Kesehatan


Mentimun atau yang lebih dikenal dengan sebutan timun adalah buah yang sangat mudah dijumpai, terlebih lagi di daerah tropis seperti Indonesia. Buah timun sangat umum digunakan sebagai pelengkap hidangan makanan, baik sebagai irisan biasa atau telah diolah dengan bahan lainnya.


Manfaat Mentimun bagi Kesehatan

Buah mentimun termasuk buah yang mengandung banyak air, sehingga sangat segar untuk di konsumsi. Tidak heran jika mentimun sering digunakan untuk perawatan wajah dengan cara diiris tipis ataupun di blender hingga halus kemudian diletakkan di wajah dan kelopak mata . Di samping itu, masih banyak manfaat lain mentimun bagi kesehatan.

Perawatan kulit

Mentimun memiliki sifat diuretik, dengan efek membersihkan dan mendinginkan, sehingga sangat bermanfaat bagi kulit. Kandungan airnya yang tinggi, vitamin A, B dan C, serta beberapa mineral (magnesium, potassium, manganese, dan silika) menjadikan buah ini penting untuk perawatan kulit. Masker wajah yang mengandung ekstrak mentimun digunakan untuk mengencangkan wajah. Selain itu, asam askorbat dan asam caffeic yang terdapat dalam mentimun dapat menurunkan tingkat retensi air, yang pada gilirannya mengurangi pembengkakan di sekitar mata.

Fungsi pencernaan

Mentimun memiliki banyak manfaat bagi kesehatan
Kandungan serat dalam buah mentimun dapat membuang racun dalam sistem pencernaan sehingga dapat meningkatkan kesehatan fungsi pencernaan dalam tubuh. Selain itu, mengkonsumsi buah ini secara rutin dapat mencegah banyak penyakit yang berhubungan dengan pencernaan seperti gastritis, maag, perut mulas, hingga konstipasi atau susah buang air besar.

Mengontrol tekanan darah

Kandungan potasium, magnesium dan fiber (serat) dalam buah timun dapat membantu mengontrol tekanan darah agar tetap dalam level yang normal. Faktanya, buah ini sangat baik untuk penderita tekanan darah tinggi.

Kesehatan ginjal

Mentimun dapat membantu untuk meringankan masalah pada kandung kemih dan juga ginjal. Kandungan air yang melimpah pada buah ini akan membantu fungsi ginjal dalam proses urinasi (produksi air kemih).

Kesehatan persendian dan tulang

Buah mentimun mengandung silika yang dapat meningkatkan kesehatan sendi dengan cara memperkuat jaringan ikat (jaringa penghubung antar sendi), sekaligus memperbaiki kesehatan tulang secara umum.

Perawatan kuku dan rambut

Buah mentimun memiliki kandungan silika yang cukup tinggi. Selain dapat memperkuat persendian, kandungan silika pada timun dapat mencegah pecah dan rusaknya kuku-kuku di jari tangan dan kaki. Silika juga berguna dalam menjaga kesehatan rambut, seperti pertumbuhan rambut dan juga memperkuat rambut dari akarnya.

Kesehatan gigi dan gusi

Kesehatan mulut secara umum, termasuk gigi dan gusi, dapat terjaga dengan buah mentimun, terlebih jika dikonsumsi dalam bentuk jus. Mengkonsumsi buah mentimun segar (mentah) akan meningkatkan produksi saliva serta menetralkan asam dan basa dalam rongga mulut.

Diabetes

Jus mentimun sangat baik dikonsumsi oleh penderita diabetes, karena kandungan mineral mangan dalam buah mentimun berguna dalam proses sintesa hormon insulin dalam tubuh.

Sabtu, 01 April 2017

Cara Mengatasi Insomnia / Susah Tidur Dengan Mudah


Pada postingan kali ini, kami akan membagikan tips cara mengatasi insomnia / susah tidur. Karena insomnia sangat mengganggu aktifitas istirahat Anda yang dapat menyebabkan kekurangan darah karena sirkulasi darah menjadi tidak teratur.

1. Hindari Cahaya Saat Tidur
Apabila Anda ingin tidur nyenyak dan nyaman, disarankan untuk menghindari sumber cahaya, seperti lampu, cahaya TV, komputer, dan lainnya. Karena cahaya tersebut dapat menghambat proses produksi hormon melatonin. Untuk itu, sebelum tidur pastikan dulu mematikan alat elektronik yang memiliki cahaya supaya tidak mengganggu aktifitas istirahat Anda. Sehingga tidur pun akan lebih berkualitas.

2. Hindari Kafein
Hindari makanan dan minuman yang mengandung kafein seperti kopi, coklat, teh dan lainnya. Karena dapat mengganggu aktifitas istirahat Anda. Jadi sebelum tidur, alangkah baiknya tidak mengkonsumsi makanan dan minuman tersebut agar tidur pun bisa lebih cepat dan nyenyak.

3. Olahraga Teratur
Pada artikel lainnya sudah kami informasikan mengenai manfaat olahraga.
Biasakan untuk rutin berolahraga sebelum tidur, tetapi jangan terlalu dekat waktunya dengan waktu tidur Anda. Berilah jarak 3-4 jam sebelum tidur. Dengan berolahraga akan menghasilkan energi dan dampaknya Anda dapat tidur lebih pulas.

Baca Juga : Banyak Makan Tapi Susah Gemuk, Kok Bisa?

4. Jangan Merokok
Pada artikel lainnya telah kami informasikan mengenai bahaya merokok.
Memang kebiasaan buruk ini, mempunyai banyak dampak negatif untuk kesehatan Anda. Nikotin yang ada dalam rokok akan membuat Anda susah tidur dan jika sudah lama mengidap insomnia, malahan akan memperburuk situasi itu. Jadi, berhentilah merokok dari sekarang bila Anda ingin istirahat dengan nyaman dan kesehatan tubuh pun akan terjaga juga.

5. Hindari Minuman Beralkohol
Menurut sebagian orang dengan minum alkohol dapat membuat mereka mengantuk. Memang benar, tetapi mengkonsumsi alkohol tidak akan bisa membuat Anda tidur dengan nyenyak. Malahan alkohol akan memperburuk insomnia Anda. Untuk itu, janganlah minum alkohol karena bukan cara yang baik untuk mengobati insomnia dan kesehatan tubuh juga terancam.

6. Hindari Situasi Stres Di Malam Hari
Jika Anda sedang mempunyai masalah, lupakanlah sejenak segala urusan pekerjaan atau keluarga. Karena itu dapat membuat aktifitas istirahat Anda terganggu dan kesehatan juga terancam. Untuk itu, biasakanlah selalu melakukan kegiatan yang menyenangkan sebelum tidur agar pikiran dapat lebih tenang. Maka tidur pun dapat lebih berkualitas. Setelah bangun pasti Anda akan bugar dan dengan pikiran yang sudah tenang, pasti bisa menemukan solusi dalam memecahkan segala urusan.

7. Singkirkan Gadget Dari Tempat Tidur
Ini merupakan kebiasaan buruk yang susah dihindari pada zaman yang sudah modern ini. Padahal kebiasaan buruk ini dapat mengakibatkan Anda susah tidur. Karena pasti tidur Anda tidak akan fokus jika masih ada dipikiran untuk menggunakan gadget sebelum tidur. Bahaya lainnya dari gadget yaitu radiasi dari gadget dapat merusak otak dan fungsi organ seksual terganggu. Jadi, singkirkanlah sejenak gadget Anda sebelum tidur, karena masih ada waktu yang lain untuk menggunakannya. Sehingga aktifitas tidur Anda pun menjadi tidak terganggu dan akan lebih nyenyak.

Baca Juga : Gejala Depresi Tersembunyi Yang Jarang Disadari

8. Bersihkan Kamar
Dengan menjaga kebersihan kamar, akan membuat suasana kamar lebih nyaman. Untuk itu biasakanlah menyapu kamar dari debu dan kotoran yang ada. Selain itu, cobalah untuk rutin mengganti seprei tempat tidur Anda seminggu sekali dan jika ingin lebih nyaman, pasanglah pengharum ruangan dalam kamar Anda. Maka istirahat malam Anda akan lebih berkualitas dan kebersihan kamar pun terjaga.

Cara Diet Alami Tanpa Perlu Olahraga


Rasanya tidak nyaman jika kita empunyai berat badan yang lebih dari normal dengan kata lain gendut. Semua serba sesak baik celana yang dipakai perut jadi besar dan badan yang semakin besar juga membuat kita tidak nyaman dengan tubuh kita. selian di tubuh juga tidak nyaman kurangnya kepercayaan pada diri kita juga sering terjadi. Untuk menurunkan berat badan banyak cara yang dilakukan untuk diet sehingga diharapkan berat badan kita bisa turun. Mengikuti olahraga secara teratur, makan dikurangi porsinya, dan bahkan ada sebagian mereka yang melaukan cara diet ketat. Saya akan merekomendasikan beberapa cara diet alami tanpa olahraga yang bisa menjadi referensi anda untuk menurunkan berat badan anda.Cara Diet Alami Tanpa Olahraga

Untuk sebagian orang mungkin tak percaya bagaimana orang bisa langing dan kurus dngan cara diet alami tanpa olahraga. Walaupun terlihat aneh akan tetapi itu bisa dilakukan dan hasilnya juga sudah terbukti. Lalu bagaimana caranya agar diet tanpa harus olahraga dan dengan hasil yang memuaskan.  Pola cara diet yang pertama yaitu seimbangkan irama saat anda makan. Maksdu dari cara ini yaitu ketika kita makan makanan utama sebaiknya janganlah makan dengan terburu buru karena dengan makan terburu buru maka perut kita tidak akan cepat kenyang beda ketika kita memperlambat makan kita maka dengan makan porsi yang pas dan sehat kita akan terasa kenyang dengan porsi yang pas. Sering kali ketika kita sedang lapar makan dengan terburu buru sehingga makanann kita cepat habis dan terus menambah makanan. Itulah yang membuat anda cepat gemuk tanpa anda sadari karena makan makanan terlalu buru buru dan berlebihan.

Baca Juga : Cara Menghilangkan Bekas Jerawat Dengan Mudah

Cara diet alami tanpa olahraga yang bisa dijadikan rekomendasi untuk anda yaitu perketatlah jam makan anda.  Ini berarti bahwa dengan makan teratur dan rutin maka pola makan anda akan terjaga dan anda bisa terhindar dari kegemukan badan. Biasnya orang yang melakukan proses diet atau pengurangan berat badan mereka makan secara teratur sehari dua kali pada waktu siang hari dan sore hari sebelum jam 6 ketika menginjak jam 6 sore ke atas mereka cukup dengan memakan buah buahan atau minum air putih sebagai penambah daya dan energy anda. Untuk anda yang sedang melakukan diet akan teteapi cara pola makan dan jam makan yang tidak teratur sebaiknya mulai sekarang diperbaiki dengan makanlah pada jam yang sama dan teratur.


Cara diet alami tanpa olahraga yang juga ampuh untk dipraktekkan yaiitu posisi duduk yang benar ketika kita sedang makan. Kadang kita tidak menyadari bahwa pola duduk yang salah pada waktu makan juga akan berpengaruh kepada penumpukan lemak di perut dan sekitar pinggul kita. Dan cara yang tepat yaitu sewaktu kita makan hendaklah posisi badan tegak hinggan makanan yangmasuk bisa langsung menuju tempat pembuangan.

Selain posisi duduk yang harus tegak ketika makan yang perlu kita perhatikan posisi kita tidur juga salah satu cara diet alami tanpa olahraga. Menurut para ahli ketika kita tidur usahan posisi perut kita dala keadaan lurus sehingga tidak akan terjadi penimbunan lemak diperut. Beda ketika kita tidur misalnya dalam keadaan mirip dan dengan posisi membungkuk makan lemak akan tertimbun didalam perut dan itu bisa membuat perut kita melar dan gemuk.

Baca Juga : Bahaya Mempunyai Perut Buncit

Itulah beberapa alternatif pilihan bagi anda ketika anda tidak sempat untuk melakukan olahraga beberapa cara diet alami tanpa olahraga yang saya rekomendasikan semoga bisa bermanfaat untuk anda dan bisa menjadi motivasi bagi anda jika kita bisa kurus asal ada kemauan dalam diri kita perbaiki pola makan kita perbanyak minum air putih minimal 8 gelas sehari itu juga akan membuat badan kita menjadi sehat langsing dan segar. Selamat mencoba ya.

Sabtu, 04 Maret 2017

Pentingnya Pengalaman Diri Untuk Bekal Masa Depan


Kurangnya pengalaman diri merupakan penghalang yang sangat besar dalam menempuh hidup sukses di masa depan. Bahkan dalam mencari pekerjaan pun pengalaman diri sangat dibutuhkan. Saya akan menjelaskan betapa pentingnya pengalaman diri itu.

“Pengalaman merupakan guru terbaik.” Inilah kutipan yang sering kita dengar tentang pentingnya pengalaman. Dari kutipan di atas, dapat kita artikan bahwa dengan adanya pengalaman diri, kita dapat belajar dari pengalaman tersebut. Pengalaman dapat menjadi petunjuk untuk kita dalam menghadapi masa depan karena kita telah memiliki dasar yang cukup dari pengalaman tersebut.


Kita juga dapat belajar untuk menjadi lebih baik lagi apabila pengalaman tersebut adalah pengalaman yang baik. Dan kita dapat belajar untuk tidak mengulangi kesalahan yang sama dari pengalaman buruk yang telah kita alami. Pengalaman juga dapat memberi kita kepercayaan diri dalam menghadapi suatu masalah, karena kita sudah mengerti tentang masalah tersebut berdasarkan pengalaman kita.

Apabila kita kurang pengalaman, kita cenderung kurang percaya diri dan merasa tidak bisa melakukan apapun. Kurangnya pengalaman diri juga sering membuat orang lain ragu akan kemampuan kita.

Kurangnya pengalaman juga sarat akan tindakan gegabah yang sangat merugikan diri sendiri. Namun, hal ini sebenarnya tidak masalah karena nantinya ini akan menjadi pengalaman berharga bagi kita. Lambat laun pengalaman yang kita miliki akan bertambah juga.

Pengalaman diri sebenarnya terus bertambah seiring berjalannya waktu. Namun, apabila kita diam saja dan tidak mau berusaha, pengalaman diri akan sangat lama bertambahnya. Maka kita harus selalu berusaha memperbanyak pengalaman kita dengan aktif dalam berbagai bidang. Karena pengalaman tidak serta merta menghampiri kita yang diam dan tidak berusaha.


Inti dalam menambah pengalaman adalah selalu mencoba hal baru dan jangan pernah takut gagal ataupun salah. Karena kesalahan dalam melakukan suatu hal merupakan pengalaman yang sangat baik dan memberi kita pelajaran yang sangat penting untuk menghadapi masalah ke depan. Oleh karena itu jangan takut untuk mencoba karena ini adalah kunci dari pengalaman itu sendiri.

Dari apa yang telah jelaskan di atas. Dapat saya simpulkan bahwa pengalaman diri sangat penting dalam membibing kita menghadapi masa depan. Serta kita harus selalu mencoba hal baru dan tidak boleh takut gagal. Oleh karena itu, marilah kita tambah pengalaman kita dengan mencoba hal-hal baru.


Nah, sekian artikel tentang pentingnya pengalaman untuk bekal di masa depan. Semoga dengan adanya postingan ini dapat menambah wawasan sobat semua. Pengen dapat artikel seperti ini lagi? Yuk langsung aja like fanspage artikelpenting.id, tinggalkan komentar dan bagikan.

Minggu, 26 Februari 2017

Menguak Istilah Belum 5 Menit Saat Makanan Terjatuh


Sobat pastinya sering kali mendengarkan istilah belum 5 menit disaat makanan kita terjatuh. Benarkah makanan yang terjatuh belum 5 menit itu masih boleh dimakan? Hmm, penasaran. Yuk kita bahas sama - sama.

Ternyata terdapat perbedaan loh antara Indonesia dan luar negeri. Kalau di Indonesia istilah ini dikenal dengan istilah 'belum 5 menit', diluar negeri justru dikenal dengan isitlah 'belum 5 detik', hehe beda ternyata.

Tapi tau ngga sih, sebenarnya mau 5 menit atau 5 detik sama aja loh. Bakteri akan tetap menempel sesaat setelah makanan itu jatuh dan menyentuh lantai, ga perlu nunggu sampai 5 detik apalagi 5 menit. 

Para peneliti dari Clemson University melakukan percobaan dengan mengoles bakteri penyebab tipus pada ubin, lalu menjatuhkan potongan roti di atasnya. Dan ternyata bakteri penyebab tipus itu bisa bertahan di ubin hingga 28 hari. Dan parahnya lagi, pada potongan makanan yang jatuh pun terdapat bakteri yang menempel. 


Jadi kalau makanan mu jatuh, jangan tunggu 5 menit deh, mending langsung di buang saja. Kesehatan kita kan jauh lebih mahal dari itu.


Nah, sekian artikel tentang istilah belum 5 menit saat makan terjatuh. Semoga dengan adanya postingan ini dapat menambah wawasan sobat semua. Pengen dapat artikel seperti ini lagi? Yuk langsung aja like fanspage artikelpenting.id, tinggalkan komentar dan bagikan.
Telesuri Kata Kunci / Incoming Search :
belum 5 menit saat makanan jatuh, mitos fakta kesehatan

Mengukur Tinggi Badan Dengan Smartphone, Begini Caranya!


Kecanggihan smartphone memang  sudah tidak bisa diragukan lagi. Dengan smartphone, pekerjaan manusia menjadi lebih mudah. Mulai dari mengirim pesan, telponan, main game, mendengarkan musik, semua bisa dilakukan oleh smartphone.

Sekarang mengukur tinggi badan bisa pakai smartphone loh, tidak cuma meteran doang yang bisa.

Sebenarnya banyak sekali sensor canggih yang ada pada smartphone. Salah satu sensor yang akan digunakan untuk mengukur tinggi badan di smartphone adalah Measurement Sensor. Berikut  aplikasi yang akan digunakan untuk mengukur tinggi badan ini adalah Smart Measure. 

Berikut tahapan penggunaan Smart Measure :
  • Install aplikasi Smart Measure di smartphone kamu.
  • Setelah ter-install, kamu bisa langsung menggunakannya. Pertama-tama, yang harus kamu lakukan adalah mengukur jarak dari smartphone ke orang yang mau dihitung tinggi badannya. Lalu klik Get Distance.


Tips: Bidik ke bumi (permukaan tanah) ya! Misal mau menghitung tinggi teman badan teman kamu, maka kamu harus hitung jarak awalnya ke sepatu.

  • Setelah selesai, kamu bisa mulai menghitung tinggi badan menggunakan smartphone. Bukan hanya mengukur tinggi badan di smartphone, aplikasi Smart Measure juga bisa digunakan menghitung lebar dan luas.


Keren, kan? Mudah lagi menggunakannya. Sekarang kamu gak perlu lagi meteran manual untuk menghitung tinggi badan deh. Cukup hitung tinggi badan kamu menggunakan smartphone aja.


Nah, sekian artikel tentang cara mengukur tinggi badan menggunakan smartphone. Semoga dengan adanya postingan ini dapat menambah wawasan sobat semua. Pengen dapat artikel seperti ini lagi? Yuk langsung aja like fanspage artikelpenting.id, tinggalkan komentar dan bagikan.
Telesuri Kata Kunci / Incoming Search :
cara mengukur tinggi badan, aplikasi smart measure, tinggi badan dengan android